Petani Kebirangga Selatan Pertahankan Budaya Gotong Royong Ditengah Arus Globalisasi

Beranda Data & Informasi Feature Lingkungan

Ende, Tananua Flores | Era industri ekonomi 04 saat ini, menjadi tuntutan setiap Negara belahan dunia menciptakan ketergantungan yang sangat tinggi pada teknologi. Kemajuan zaman membuat masyarakat berada dalam tatanan kehidupan yang baru yang dikelilingi oleh sejumlah teknologi sebagai fasilitas penunjang pada setiap kegiatan.

Dengan melihat kemajuan teknologi itu, Semua masyarakat dituntut untuk mampu beradaptasi dengan situasi tersebut, tanpa harus melihat bagaimana proses yang harus digunakan.

Siklus kehidupan manusia ikut berubah dengan model pendekatan berbasis teknologi, baik dari aspek komunikasi, kerja, dan transportasi. Sistem ini akan melahirkan polarisasi cara pandang manusia yang akan bergeser dari pola  kerja gotong-royong, menjadi pola kerja individualis. Oleh Karena itu semua dituntut untuk sadar akan sebuah evolusioner kehidupan masyarakat, suka ataupun tidak suka perubahan itu harus diterima. 

Kemajuan teknologi mesti sejalan dengan upaya membangun kesadaran manusia atau peningkatan sumberdaya manusia, sehingga tidak terjadi kesenjangan  antara prasarana ( manusia sebagai pengelola) dan sarana ( peralatan teknologi ). Jika tidak maka, akan berdampak kepada penyalahgunaan serta menciptakan kesenjangan sosial yang selama ini dianggap sebagai kekuatan bersama di tengah lingkungan masyarakat.

Upaya memperkuat tatanan kehidupan sosial atau sistem peradaban masyarakat merupakan tanggung jawab semua pihak dalam memperkuat atau membentengi sistem globalisasi saat ini. Sehingga lapisan masyarakat umum sanggup menerima teknologi serta mampu mempertahankan nilai-nilai sosial yang ada dan berlaku lama di wilayah itu. 

Melihat kondisi yang terjadi saat ini lembaga-lembaga sosial di tuntun untuk membangun sumber daya manusia lewat kerja pendampingan di desa-desa, salah satunya LSM baik di tingkat lokal maupun Nasional. 

Di tingkat daerah Yayasan Tananua Flores merupakan salah satu lembaga swadaya masyarakat ( LSM ) lokal yang berkedudukan di kabupaten Ende. Lembaga ini telah  mengabdi bersama masyarakat di Flores kurang-lebih 34 tahun. 

Dalam rentang usia yang cukup lama itu, keberadaan LSM tersebut sampai saat ini masih konsisten memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan ( hak hidup, kebudayaan dan hak atas alam ). Perjuangan LSM Tananua Flores  adalah menghidupkan spirit dan nilai-nilai  sosial budaya setempat  untuk selalu siap menerima kemajuan baru di era saat ini.

Tananua dalam Implementasi kerja bersama masyarakat desa selalu mengedepankan kualitas sumber daya manusia dalam mengurus dan menjaga alam sebagai sumber kehidupan masyarakat itu sendiri. Kerja -kerja itu dihimpun dalam kerja bersama, belajar bersama dan memperjuangkan hak masyarakat melalui pendekatan-pendekatan kolaborasi dan sinergitas program.  YTNF secara organisatoris, terus menghidupkan nilai tersebut dalam berbagai kegiatan riil di masyarakat desa untuk mewujudkan kemandirian manusia.

Nilai Gotong- royong Masih Dipertahankan Masyarakat Desa Kebirangga Selatan

Ciri kerja petani di kabupaten Ende pada umumnya masih menganut semangat gotong-royong sejak awal sejarah pertanian di wilayah tersebut. Ada berbagai alasan yang mendasari dari aspek topografi wilayah pedesaan yang lebih banyak di wilayah bukit dan pegunungan, dari aspek kultur ada terdapat masyarakat yang terlahir dari suku yang sama, dan  juga ada pemahaman bertani yang makin variatif dari petani itu sendiri, sehingga pola gotong royong dilihat sebagai aspek yang substansi pada masyarakat desa. 

Di desa Kebirangga selatan, Sejak tahun 2015 Gerakan pemberdayaan yang dilakukan oleh Tananua masih dipertahankan  hingga saat ini. Tananua juga mendorong untuk menghidupkan kembali nilai gotong royong oleh masyarakat desa agar tidak tertelan arus perubahan zaman saat ini. 

Desa Kebirangga Selatan merupakan salah desa yang didampingi oleh Yayasan Tananua Flores, dengan implememtasi program yang di kembangkan antara lain meliputi bidang, organisasi petani, pertanian berkelanjutan, ekonomi kerakyatan dan kesehatan primer. 

Dalam konteks pertanian, pemahaman bertani masyarakat setempat sangat khas dengan tradisi kerja bergilir, sejak awal pertanian di wilayah tersebut. 

Perkembangan infrastruktur yang begitu cepat dari waktu ke waktu tidak membuat petani setempat terhanyut dengan arus kemajuan. Kecerdasan petani mempertahankan tradisi kerja kebun masih sangat kuat sejak proses buka lahan, tanam-menanam, panen dan pasca panen masih mengandalkan gotong-royong. 

Upaya menghidupkan nilai gotong royong di tengah kehidupan masyarakat desa kebirangga Selatan diperkuat lewat dukungan Yayasan Tananua Flores, dalam melaksanakan pendampingan di desa tersebut. Diskusi, motivasi dan kegiatan nyata yang mengarah kepada kuatnya nilai tradisi dari para leluhur, terus dilakukan secara rutin oleh YTNF.

Sosok Panutan di Desa kebirangga Selatan  

Implementasi dari hasil motivasi dan diskusi oleh pendamping lapangan YTNF terhadap petani setempat mulai diterapkan oleh petani setempat. Geradus Hendrikus Setu seorang petani dari desa Kebirangga Selatan yang juga telah diakui oleh masyarakat setempat sebagai sosok panutan dalam dunia pertanian. 

Ada banyak kisah yang dapat diuraikan diantaranya, Sosok Hendrikus sebagai penggerak kelompok sejak awal bercocok tanam dan membuka lahan baru untuk tanaman komoditi, jenis kemiri. Gebrakan dikala itu membuat keyakinan bagi rekan-rekan petaninya dan saat ini telah mengantarkan anak-anak mereka menempuh dunia pendidikan menengah dan tinggi, hingga keluar pulau flores, dengan sumber pendapatan andalan petani setempat yaitu komoditi kemiri. 

Cara yang dilakukan oleh bapak Geradus merupakan salah satu ajakan sederhana untuk menanam nilai pertanian pada sesama petani. Selain memperlihatkan cara kerja gotong royong, beliau tercatat sebagai salah satu petani komoditi kemiri terbanyak  sejak masa itu dan diwariskan kepada generasi penerus. 

Selain itu Hendrikus juga mengembangkan komoditas pangan padi ladang yang menjadi salah satu kebutuhan hidup dan hasilnya pun  terbanyak dari seluruh petani yang ada di desa Kebirangga Selatan. Berdasarkan data pangan yang dicatat oleh pendamping, terdapat 3 ton / 3000 kg padi ladang yang dihasilkan oleh petani Hendrikus dengan area lahan seluas 1 ha, serta kemiringan berkisar 75 (derajat). Proses kerja yang dilakukan secara manual mulai dari pembukaan lahan, persiapan tanam sampai pada proses panen.  Dengan kondisi topografi kebun yang sangat sulit dijangkau tidak membuat semangat Geradus menjadi surut. 

 Sebagai tokoh panutan, semangat kerjanya dan keaktifan dalam berbagai kegiatan di desa menjadi kebiasaan yang melekat pada dirinya. Potensi tersebut sejalan dengan harapan LSM YTNF dalam melakukan pendampingan terhadap petani. Sebagai pendamping lapangan, melihat sosok tersebut sebagai partner untuk bisa berbagi dalam diskusi dan guyonan keseharian yang membahas seputar pertanian dan mentalitas masyarakat di wilayah desa itu. 

Tradisi “songga” bagi masyarakat Desa Kebirangga Selatan

Kerja bersama atau Gotong royong di desa Kebirangga Selatan terutama pada kegiatan bertani telah lahir sejak peradaban masyarakat setempat. Dalam bahasa setempat gotong royong disebut sebagai “Songga” yang artinya mengundang, mengajak sesama petani untuk saling membantu dan bekerja sama dalam kegiatan yang membutuhkan banyak manusia. 

Makna Songga jika diterjemahkan dalam konteks sosial disebut sebagai gotong royong. Dalam kehidupan budaya setempat, Songga sebagai bentuk swadaya, solidaritas dan  kekeluargaan.

Pola kerja gotong royong, jika dilihat secara holistik dapat dimaknai sebagai kekuatan bersama dalam komunitas. Kekuatan bersama dalam konteks Songga memiliki spirit yang sangat dasar yaknik swadaya, solidaritas dan kekeluargaan. Setiap petani yang terlibat dalam kegiatan Songga memiliki pemahaman bersama untuk saling membantu secara sukarela baik secara tenaga, peralatan serta biaya. Kebiasaan tersebut dianggap sebagai budaya dari leluhur mereka, sehingga mereka sangat konsisten dengan cara tersebut.

Realitas kehidupan sosial masyarakat desa Kebirangga Selatan, perlu dilihat sebagai sebuah kekuatan dasar yang harus diperjuangkan untuk keberlanjutan. Upaya menghidupkan nilai gotong royong tidak cukup diperbincangkan dalam konsep teoritis, opini dan asumsi. Tindakan nyata dipandang sebagai sebuah sikap edukasi dalam mempertahankan budaya yang dianut oleh masyarakat setempat. 

LSM Tananua Flores dalam kerja pendampingan mendorong agar masyarakat dampingan mempertahankan filosofi gotong royong sebagai sebuah jalan untuk memajukan kerja-kerja pertanian. Tanpa gotong royong maka dengan sendirinya polarisasi perpecahan akan tumbuh subur yang akan  membangkitkan individualisme akan berkembang pesat. 

Sebagai Lembaga pendamping Sampai saat ini LSM Tananua Flores masih hadir dan setia mendampingi masyarakat desa setempat dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan kemandirian masyarakat dari aspek pangan, pertanian berkelanjutan, kelompok sosial, dan kelestarian alam. ***

Ditulis oleh : Anselmus Kaki Reku

Editor : Bernadus Sambut 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *