Bentuk LPHAM, Tananua sebut sebagai Wadah Monitoring dan Evaluasi Bersama

Beranda Berita Desa Lingkungan
Silakan Shering ya?
    
 
      

Ende Detubela, Tananua Flores |Gelar lokakarya bersama antara Pemerintah Desa dan Yayasan Tananua Flores dengan tujuan membentuk Lembaga Pengelolah Hak Alam dan Hak Warga di Desa Detubela kecamatan Wewaria kabupaten Ende, Tananua Sebut sebagai wadah Monitoring dan Evaluasi bersama masyarakat terhadap lembaga yang ada di desa.

Hal itu disampaikan Bernadus Sambut  Direktur Yayasan Tananua Flores dihadapan masyarakat yang berjumlah 53 orang dengan semua tokoh kunci  dari semua lembaga yang ada di Desa Detubela dalam kegiatan Lokakarya yang digelar dikantor desa Detubela pada (14/9).

Direktur Bernadus mengatakan “Tujuan Pembentukan LPHAM ini sebagai Payung semua lembaga yang ada di desa Detubela dan sebagai wadah monitoring dan evaluasi bersama masyarakat terhadap lembaga yang ada di desa”.

“Saya berharap Lembaga ini bisa dibentuk dan berjalan dengan berperan bersama desa untuk membangun dan menjaga keutuhan desa terkhusus dengan melihat hak alam dan hak masyarakat,”harapannya.

Baca Juga : https://www.tananua.org/tanam-apa-yang-kita-makan-dan-makan-apa-yang-kita-tanam/06/

Sementara itu Camat weawari yang diwakili oleh kepala seksi pemberdayaa kecamatan memberikan apresiasi kepada Yayasan Tananua yang sudah berkarya untuk membantu pemerintah dalam menyelesaikan persoalan di desa terkhususnya berkaitan dengan pengelolaan Sumber daya Alam yang berdampak kepada kelestarian.

Menurutnya Tananua Flores  adalah salah satu LSM yang masih bertahan sampai saat ini dan sungguh-sungguh bekerja dengan masyarakat membantu desa dengan pendampingan serta kegiatan dan latihan bagi masyarakat desa.

Selain itu Kepala Desa Detubela  Eustakius Kota dalam sambutannya menegaskan bahwa “ kegiatan ini berkelanjutan dengan merujuk pada kegiatan kegiatan yang sudah berjalan terdahulu, maka masyarakat dan semua tokoh penting di desa agar bisa berkerja sama dan terlibat bersama dalam setiap kegiatan yang dilakukan desa maupun Tananua Flores. Mari kita berkerja sama dan berpartisipasi dalam membangun desa kita,” tegasnya.

Dalam Lokakarya yang digelar sampai pada titik puncak terbentuk sebuah lembaga dan struktur kelembagaan LPHAM dan masyarakat mempercayahkan salah satu warga untuk menempati struktur kelembagaan tersebut.

Sebagai sapaan Awal Dominikus Ngera Ketua LPHAM terpilih menyampaikan apresiasi kepada peserta kegiatan dan Tananua Flores yang sudah memfasilitasi pembentukan LPHAM dan pengurus yang sudah dipilih

“saya secara pribadi mengharapkan dukungan kerja sama dari semua komponen dalam struktur yang sudah dipilih dan juga Yayasan Tananua Flores untuk selalu mendampingi dan memberikan latihan dan kegiatan bagi lembaga ini dan masyarakat desa Detubela,” Ujarnya.

Desa Detubela sebagai desa yang sangat baik merespons program ini dan mau bekerja sama dengan berencana untuk memasukan LPHAM dan beberapa kegiatan seperti Perdes Perlindungan Mata Air, Pertanian Organik, Pangan Lokal dan Penguatan kelompok. Selain itu Program ini dari diskusi dan yang dibangun bahwa akan dimasukan dalam Perdes kewenangan desa tahun 2024.

 

Heri Se

Loading


Silakan Shering ya?
    
 
      

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *