SINOPSIS BUKU KOLAM LITERASI

BUKU
Silakan Shering ya?
    
 
      

Salah satu Program Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Katolik Syuradikara “Program Literasi dengan membaca 15 menit di awal proses belajar” dapat memperkaya pengetahuan peserta didik untuk mulai berkarya.  Metode literasi yang bervariasi dari membaca, menulis dan bercerita berbuah menghasilkan sebuah karya kecil buku “Kolam Literasi.”

Pengalaman menarik dalam karya kecil ini melukiskan kehidupan para peserta didik dari berbagai latar belakang kehidupan yang mewarnai perjalanan hidup sejak masa kecil hingga melangkah ke jenjang pendidikan menengah. Beranjak dari pengalaman hidup yang dialami mereka merajut asa untuk mencapai mimpi di hari esok.

Buku ini terdiri atas dua bagian. Buah literasi yang berisi kumpulan puisi menjadi bagian pertama dari isi buku ini dan bagian kedua adalah ceritera pendek (Cerpen).  Keunikan pengalaman dan nafas perjuangan peserta didik dilukiskan dengan indah dalam syair-syair puisi dan ceritera yang menarik. Rangkaian kata demi kata mengungkapkan isi hati seorang anak dalam menyelami kehidupan yang dianugerahkan walaupun harus dijalani dengan rasa pahit. Mereka mengalami kehidupan yang berbeda, namun memiliki ketetagaran hati untuk menjalaninya. Dalam kesadaran akan perjuangan masa depan yang lebih cerah maka kenyataan hidup ini harus dihadapi dan dijalani dengan keikhlasan hati.

Realita yang dialami peserta didik menjadi ceritera menarik dan bermakna. Lima belas menit telah menginspirasi peserta didik untuk mulai menemukan jati dirinya. Berapapun langkah kedepan yang ingin dicapai harus dimulai dengan langkah pertama. Peserta didik telah memulai langkah pertama dengan karya yang sungguh menginspirasi. Mereka tidak menyerah dan pasrah pada kondisi yang ada namun terus berjuang dengan penuh semangat kegembiraan. Buku ini menghadirkan realitas kehidupan peserta didik untuk saling memperkaya pengetahuan dan pengalaman yang layak untuk disimak.

Selamat membaca!

Loading


Silakan Shering ya?
    
 
      

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *